VISI DAN MISI PEMBANGUNAN KABUPATEN WAJO 2008 - 2013

Diposting oleh Halim Lpu on Selasa, 16 April 2013


1. V I S I

"Menjadikan Kabupaten Wajo Sebagai Salah Satu Kabupaten Terbaik di Sulawesi Selatan dalam pelayanan Hak Dasar Masyarakat dan Tata Pemerintahan yang Profesional". Makna dari visi Pemerintah Kabupaten Wajo dapat dijelaskan sebagai berikut :



* “Salah Satu Kabupaten Terbaik” yang dimaksud dalam visi Kabupaten Wajo adalah posisi rerlatif yang idealnya dicapai secara regional oleh Kabupaten Wajo pada tahun 2013, dan terukur melalui indikator pemenuhan hak dasar masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.
* “Tata pemerintahan yang Profesional” adalah penataan pemerintahan yang berfokus pada upaya untuk menciptakan aparatur yang cakap dan inovatif baik sebagai birokrat dan pelayan masyarakat; selain itu pemerintahan yang profesional adalah sebagai wujud pemerintahan yang kelembagaannya kuat, efisien dan efektif dalam berfungsi serta amanah dalam menjalankan prinsip akuntabilitas dan transparasi.
* “Pelayanan Hak Dasar Masyarakat” adalah upaya peningkatan pemenuhan hak dasar bagi masyarakat Kabupaten Wajo. Hak dasar yang diprioritaskan adalah hak atas layanan dan peningkatan pendidikan, hak atas layanan di bidang kesehatan dan hak untuk bekerja dan berusaha. Hak dasar adalah subtansi dari kontrak sosial dari kepala daerah terpilih yang diwujudkan dalam pemerintahannya kepada rakyat. Upaya hak dasar masyarakat ini juga akan menggunakan pendekatan partisipasi masyarakat, artinya dalam perencanaan kegiatan pembangunan tiap tahunnya akan melibatkan partisipasi masyarakat di dalamnya. Selanjutnya perbaikan dalam aspek pemenuhan hak dasar masyarakat akan menjadi fokus dan prioritas bidang peningkatan yang akan diwujudkan dalam misi Kabupaten Wajo selama lima tahun ke depan.

Visi di atas menempatkan masyarkat Kabupaten Wajo sebagai subyek dan sekaligus objek dalam pembangunan, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Wajo berperan sebagai fasilitator dan dinamisator pembangunan.

2. M I S I
Untuk mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Wajo, ditetapkan misi sebagai berikut :

1. Menciptakan iklim yang kondusif bagi kehidupan yang aman, damai, religius dan inovatif serta implementasi pemberdayaan masyarakat. Misi ini bertujuan mewujudkan kondisi yang aman dan damai, religius dan inovatif sehingga proses pembangunan dapat berjalan tanpa kendala faktor keamanan.
2. Menguatkan kelembagaan dan sumber daya aparatur dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Misi ini bertujuan mewujudkan pemerintahan Kabupaten Wajo yang baik, bersih, bertanggung jawab (profesional), taat asas (peraturan dan perundangan), menjunjung kesetaraan dan demokrasi. Hal ini diwujudkan melalui penyempurnaan mekanisme kerja, manajemen, struktur organisasi untuk menjamin efektivitas dan efisiensi pelenggaraan pelayanan publik untuk menghasilkan nilai tambah dan pelayanan prima bagi masyarakat.peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan publik ditekankan pada upaya untuk mengembangkan sistem manajemen pemerintahan yang lebih responsif, baik, bertanggung jawab, taat asas (peraturan perundang-undangan), menjunjung kesetaraan dan demokrasi agar terwujud pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Governance).
3. Mengakselerasi laju mesin-mesin pertumbuhan dalam proses produksi berbasis ekonomi kerakyatan. Misi ketiga ini bertujuan untuk tercapainya pemerataan dan petumbuhan ekonomi termasuk membentuk kemandirian sosial dan ekonomi masyarakat Wajo dengan memanfaatkan potensi wilayah secara optimal, diiringi dengan upaya mendorong usaha-usaha untuk mengurangi ketergantungan pada satu sektor tertentu kepada sektor unggulan lainnya, menuju masyarakat yang berkualitas, maju, dan mandiri, dalam keanekaragaman penduduk dan kegiatannya. Tugas pembangunan ada pada masyarakat itu sendiri sebagai pelaku ekonomi. Melalui pelaksanaan misi ketiga diharapkan dapat dicapai pemerataan dan pertumbuhan ekonomi. Disini, dapat ditentukan produk andalan dan produk unggulan pada setiap wilayah pembangunan, dimana produk andalan adalah produk yang memiliki potensi sebagai andalan dalam menghasilkan PAD, sedangkan produk unggulan merupakan produk masa depan yang bisa disiapkan sebagai produk andalan.
4. Meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan dalam pemenuhan hak dasar masyarakat. Misi keempat bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dan sejahtera dengan membangun keunggulan komparatif dan kompetitif di masing-masing wilayah dan didukung oleh kapasitas SDM yang berkualitas.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar